Tuesday, August 14, 2018

PATHWAY




Taman akan tampak terlihat cantik dengan membuat jalan setapak atau pathway. Kebetulan antar ruang utama dan dapur atau ruang kerja diantaranya adalah ruang terbuka hijau. Untuk itu perlu adanya jalan yang menghubungkannya. Kali ini saya membuat pathway yang mudah, simple dan material yang digunakan banyak tersedia. Material yang digunakan adalah batu andesit  ukuran 30 x 30 cm, dan bata merah sebagai pembatas serta batu split.
Ukuran batu andesit 30 x 30 cm saya tambahkan untuk ruang meletakan batu split adalah 10 cm samping kiri dan kanan serta antar batu andesit yang satu dengan yang lain juga berjarak 10 cm.

Pertama tama gali tanah dengan kedalaman 15 cm dengan lebar 65 cm sepanjang jalur yang akan dibuat. Kemudian pasang bata merah di sisi kanan dan kiri dengan menambahkan adukan semen dibawahnya sebagai penguat.  Selanjutnya pasang batu andesit dengan melapisi batu merah dan semen yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Demikian seterusnya sampai semua jalur sudah terpasang.

Setelah semen mengering, letakkan batu split ( kalau ada batu kali yang bentuknya bulat lonjong) disisi kanan, kiri batu andesit.
Dan pathway sudah selesai dibuat. 

Selanjutnya tunggu semen sampai benar-benar mengering sebelum 

digunakan. Serta tanami rumput atau bunga di sebelah path way

No comments: