Friday, August 31, 2018

PULAU SEBESI

Pohon bakau dan pasir yang bersih

 Pulau sebesi berada di wilayah desa Tejang, kecamatan Rajabasa, kabupaten Lampung Selatan, provinsi Lampung. Secara geografis pulau ini terletak di Selat Sunda dan masuk wilayah perairan Lampung. Pulau dengan gunungnya yang tingginya mencapai 844 Mdpl ini berada disebelah selatan Pulau Sebuku, sebelah timur Pulau Serdang, dan Legundi serta sebelah timur laut kepulauan Krakatau (P. Sertung, P. Panjang, P. Rakata).

Pulau Sebesi merupakan pulau terdekat dari gugusan  Krakatau yang dihuni manusia, yang menjadi saksi kedahsyatan letusan Krakatau tahun 1883. Pulau Sebesi merupakan penghasil perkebunan, Pisang, Kakao dan Kelapa yang menjadi unggulan pendapatan penduduk setempat selain sektor pariwisata.

Perjalanan dari Bandar Lmapung sekitar 2 jam atau dari pelabuhan Bakauheni sekitar 1 jam. Untuk mencapai pulau Sebesi anda bisa melalui pelabuhan Canti di Kalianda. Para awak kapal akan memberikan paket tour Pulau Sebuku, Pulau Umang umang, Pulau Krakatau hingga pulau Panjang biayanya sekitar Rp. 3 Jutaan. Tetapi bila anda tidak mau pakaet tour, bisa menumpang kapal penyeberangan bersama penduduk, dengan biaya Rp 25 ribu sekali jalan. Untuk ini perlu diperhatikan jam keberangkatan kapal yaitu sekitar jam 14.00 wib, bila terlambat maka anda harus menunggu esok harinya, karena penyeberangan hanya 1 kali dalam sehari. Demikian juga pulangnya dari Pulau Sebesi.

Pulau Sebesi menjadi salah satu andalan tujuan wisata kabupaten Lampung Selatan, pesisir pulaunya dengan pasir yang bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Beberapa homestay atau penginapan sudah banyak berdiri dengan sewa yang relatif murah. Harga sewa rumah antara Rp 250 – 300 ribu bisa diisi sampai 10 orang.

Pohon Bakau

Moda Transportasi
Pulau Umang umang
Latar belakang Gn. Sebesi
Pelabuhan P. Sebesi
Pantai yang bersih


No comments: