Sunday, September 26, 2021

LHHH 926, 26 SEPTEMBER 2021, ZONA 235 SUKADANA HAM

Kesekian kalinya zona 235 menjadi lokasi meet point kegiatan rutin LHHH. Tempat yang cukup asri, dengan lapangan luas, pohon pohon pinus dibeberapa tempat serta pohon durian yang juga kebetulan sedang berbunga. Lokasi ini biasanya menjadi tempat olah raga permainan paint ball, outdoor activity karena tempatnya yang memadai.
Cuaca yang sebelumnya cerah berawan kemudian berubah mendung rata agak hitam dan sepertinya akan turun hujan. Dan benar, rintik hujan mulai turun, tetapi kami tetap berharap segera reda. Beberapa teman berseloroh, kita hash kita sehat kita tetap jalan, On On (Oh ya, On On merupakan teriakan penyemangat dan komunikasi yang diteriakan ketika menyapa atau memanggil ketika berada di area perjalanan untuk memastikan apakah ada teman, anggota yang berada di depan atau belakang perjalanan kita.

Mendung hitam, hujan rintik ternyata hanya menguji semangat kami pagi ini. Mendung perlahan menyingkir dan berganti awan tipis walau tidak muncul matahari. Sungguh waktu yang tepat untuk hash kali ini, yang jelas tidak hujan artinya jalan tidak akan terlalu licin, tidak terik artinya udara tidak terlalu panas.

Seperti biasa, setelah berfoto ria bersama untuk menjadi kenangan, perjalanan dimulai dengan dibagi 2 arah, yang pertama menuju ke Sukadana Ham yang akhirnya menuju sebuah tempat panti Jompo, yang jaraknya lumayan jauh tetapi melewati jalan besar. Sedang kelompok lain menuju arah lain, jalan setapak melewati kebun. Perjalanan diikuti beberapa teman yang mengampil rute long dan rute medium. Untuk rute long mesti kearah kiri menuruni bukit, yang rute medium juga menuruni bukit hanya saja potong kompas jalur yang lebih pendek yang nantinya akan ketemu dengan rute long.

Menuruni bukit dengan jalan setapak yang ternyata licin karena hujan hari-hari sebelumnya. Tetapi terpeleset, jatuh sudah sering dialami temen teman dan menjadi topik pembicaraan, candaan ketika dalam perjalanan. Melewati kebun kopi, cacao, pisang menjadi hiburan tersendiri, udara yang segar pagi hari juga memberikan semangat untuk selalu rutin berkegiatan.
Setelah jalan turun licin, kami menyeberangi sungai yang airnya cukup bersih dan dilanjutkan jalan menanjak yang membuat keringat bercucuran. Tanjakan tidak terlalu jauh kami menyusuri kembali kampung dan selanjutnya kembali masuk ke kebun kopi. Jalan kembali menurun yang licin karena memang tanah yang basah dan lengket. Menyeberang sungai kembali kami untuk melewati jalan yang sudah dibuat oleh team hare 2 hari sebelumnya.
Memang sungai hanya 1 tetapi kami seberangi beberapa kali. Dan kali ini kami ketemu dengan team yang ambil rute medium, yang terdiri dari teman2 muda. Berfoto bersama disungai menjadi vitamin tersendiri yang sebelumnya kami alami terpeleset, jatuh.

Menyusuri sungai yang lumayan deras dan ada beberapa tempat agak dalam membuat kami harus berhati hati karena kalau sampai terjatuh di air bisa bisa alat alat elektronik (HP, Kamera) bisa rusak. Bersama saling membantu menjadi hal wajib bagi kegiatan ini, siapa yang lebih paham, kuat menjadi sarana untuk membantu yang lelah, butuh pegangan dll.
Team hare kali ini memang sengaja mengarahkan kami untuk lebih panjang menyusuri sungai. Memang asik berbasah basah,berlicin licin, sambil diiringi tertawaan, celotehan, perjalanan ini tak terasa membuat sepatu, celana, kaos kami basah. Dan disini juga menjadi spot foto yang bagus disaat ada yang masuk kedalam air yang agak dalam, atau yang agak kesulitan berjalan diantara batu batu.
Akhirnya kembali kami mengambil jalur kanan, naik ke atas bukit. Yang tadinya berbasah basah di sungai, lanjut naik bukit yang cukup menanjak dan licin. Memang jalur hash kali ini bervariasi, turunan, turunan terjal, licin, basah, sungai, tanjakan sehingga tenaga juga kadang berat harus naik, tetapi kadang rilek karena turunan.

Setelah menanjak yang cukup tinggi kami tiba di puncak bukit dan kembali jalan yang menurun. Turunan tidak terlalu jauh kami sejenak melewati kebun pinang yang berjajar bagus yang menjadi spot foto. Tetapi jalan menanjak ternyata masih ada, kali ini jalan paving yang dipakai oleh penduduk setempat sebagai sarana menuju sumber air untuk mandi.
Setelah sampai diperkampungan kami kembali masuk kebun kopi dan menyusuri jalan setapak menurun, yang mengharuskan kami lebih berhati hati karena berbatu, licin. Tetapi tidak lama kemudian kami sudah sampai di meet point Zona 235. Sebagian teman-teman sudah ada yang pulang tetapi sebagian belum kembali ke meet point.

Dan perjalanan kali ini diakhiri dengan sajian lezat, sate ayam + lontong yang membuat perut kenyang.

Hashing News Lampung HHH
RUN ke 925. Minggu,   26 Sept 2021.Lokasi  Lapangan Tembak Hutan Pinus Zone 235 Sukadanaham.(Villa AHoy).
Dress code: Bebas
Sering kita Hashing di sini Krn banyak rute pilihannya tp saat ini team Hare & Cohare memilih rute Old Track Long. Sdh lama rute ini gak dipilih ternyata sdh banyak perubahan Krn bnyk yg sdh dipager beton. Sempat keluar jln dpn Wira Garden dan msk lg ke belakang Taman Bumi Kedaton Waterboom. Turunan maupun tanjakannya lumayan terjal ditambah lg menyebrangi sungai smp 10X. View nya jng ditanya penuh dng spot2 yg instagramable Gaeess. Dng jarak 9.5 K cukup ditempuh 2.5 jam Run saja. *Disamping itu trail tuk Medium Run kearah Tugu Duren, Puncak Mas dan bagi yg Short Run menuju Citra Land Pokoknya semua ini tuk meninggikan Imun /anti body kita semua dimasa PPKM ini. *Ayo siap2 para Hasher bsk hrs Run disini jng smp terlewatkan. Tp kita perlu mengingatkan kembali kpd para hasher LHHH walaupun Prov. Lampung sdh zone kuning utk selalu:
- Mematuhi Prokes 5M
- Jangan hadir Hash jika merasa badan kurang sehat.
- Jangan hadir Hash jika baru pulang dr luar kota.
- Jangan hadir Hash jika ada anggota keluarga satu rumah yg terpapar Covid-19.
Salam sehat dan bahagia tuk kita semua. Yess.😍n..😍n...!!!