Tuesday, January 30, 2018

SENDURO

Pura Mandara Giri Semeru Agung




Puri Dewi Rengganis











Desa disebelah barat kabupaten Lumajang  ini menjadi tempat aku dilahirkan. Tempat yang sejuk cenderung dingin dengan lingkungannya yang masih banyak kebun kopi, cengkeh, pisang dan pohon albasia serta hutan rimba kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger yang masih terjaga. Dan suku Tengger yang mendiami daerah Argosari dengan aktifitasnya bertanam sayuran, kentang bawang pre, kol, wortel dll. Untuk wilayah Senduro sendiri terkenal dengan buah pisang Agung yang menjadi maskot kota Lumajang, yang tidak akan ditemukan di daerah manapun di Indonesia.
Salak Pondoh
Pisang Mas
Api unggun di kebun
Untuk wilayah kecamatan Senduro banyak tempat yang bisa "di explore".
Air Terjun Manggisan
dikunjungi, Gunung Semeru, Gunung Bromo yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang pasti sudah mengenalnya bahkan sampai ke luar negeri. Dan yang lagi trend adalah puncak B29 negeri diatas awan, Pura Mandara Giri Semeru Agung, Pemandian Selokambang, Air Terjun Manggisan, Watu Klosot dan banyak tempat lain yang bisa dikunjungi.
Kali ini aku hanya ketempat disekeliling rumahku saja, depan rumah, Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kebon Kopi dan Cengkeh kebun salak dan duren dibelakang rumah.
Oh ya rumah kami "Puri Dewi Rengganis" biasa dipakai sebagai home stay untuk saudara saudara dari Bali untuk berziarah ke Pura Mandara Giri Semeru Agung yang lokasinya tepat di depan, sangat strategis, apalagi saat acara Piodalan (Piodalan adalah wujud bhakti sebagai usaha untuk mencapai jagadhita yang dalam babad Bali)  biasanya bulan Juni atau Juli tiap tahunnya.

No comments: