Tuesday, January 30, 2018

PERJALANAN 4 ( SENDURO - LUMAJANG - KEBUN WETAN)



Panen Salak


Durian, yang mulai membesar
Menikmati suasana rumah yang masih dikelilingi kebun (Salak, Duren, kopi) memang sangat menyenangkan, dengan udaranya yang sejuk dingin. Dan Pura Mandara Giri Semeru Agung yang megah di depan rumah juga memberikan kesan religi dan damai.
Kegiatan kali ini, bercengkerama dengan keluarga besar, dan panen salak yang kebetulan sudah waktunya panen. Sore hari kami bersama ke kebun “Wetan” (Kebun kopi, pisang, kelapa, cengkeh, duren), membuat api unggun untuk mengusir nyamuk, mengambil degan (kelapa muda) dan menikmatinya menjadi pengalaman tersendiri bagi kami, anak dan keponakan.
Beberapa pohon yang ada dikebun kami roboh/tumbang setelah beberapa hari sebelumnya di terjang siklon Dahlia. Setelah siklon tropis Cempaka terpantau menjauhi wilayah Indonesia, kini muncul siklon tropis Dahlia. Siklon tropis tersebut menyebabkan perubahan cuaca yang ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang.  Pohon duren, pohon cengkeh yang sudah berumur 30 tahun lebih tumbang oleh siklon ini. Tidak hanya di kebun kami, tetapi hampir semua wilayah yang dilewati siklon ini mengalami hal yang sama. Pohon albasia yang menjadi andalan wilayah kami juga tidak lepas dari bencana ini, patah, tumbang, roboh. Bahkan pondok yang kami dirikan di kebun juga roboh.

Pondok yang sebagian roboh
Sebagian team
Tapi ini tidak membuat kegembiraan kami berkurang, kebahagiaan kami tetap tumbuh seiring tumbuhnya anak anak, keponakan kami. Tetap menikmati kebersamaan untuk menikmati kelapa muda, hangatnya api unggun, dan gigitan nyamuk (hahahahaha.....).
Mengajak anak-anak ke kebun membuat mereka menjadi lebih mengenal alam, lingkungan yang lain dari kesehariannya. Lebih mengenalkan pada mereka, tumbuhan cengkeh, kopi, pisang, kelapa, pete, duren dll. 
Dan antusias mereka untuk memetik kelapa muda sendiri yang kebetulan tidak terlalu tinggi, serta coba untuk membelahnya dengan caranya sendiri.

No comments: