Monday, February 20, 2023

LHHH 995, 12 FEBRUARI 2023 LAMPUNG HHH ANNIVERSARY, VILA SUKA HARUM

 Langit diatas kota Bandarlampung dan sekitarnya terus diselimuti awan tipis, gerimis dari dinihari terus membasahi. Namun semangat kami untuk beraktifitas bersama dalam komunitas Lampung Hash tetap dominan apalagi hari ini ada perayaan khusus Lampung Hash Haous Hash Harriers (LHHH) Anniversary ke 20.

Lampung Hash House Harriers (LHHH) merayakan ulang tahun ke 20 tanggal 5 Januari, namun kali ini kami rayakan tanggal 12 Februari. Sebagai Run site, Vila Suka Harum, vila milik salah satu member LHHH di Batu Putu, Vila yang cukup nyaman, dengan fasilitas kolam renang.

Warna merah mendominasi warna jersey baru kami yang khusus dipakai pertama kali saat ini. Dan tentunya sebagian besar member turut hadir memeriahkan hari ulang tahun LHHH. Tidak seperti tahun sebelumnya yang kami rayakan hari Minggu run rutin dan sehari setelahnya merayakan disebuah tempat (Gedung pertemuan), kali ini hari Minggu run seperti biasa dan dilanjutkan dengan perayaan atau pesta.

Foto bersama menjadi tanda dimulainya run,  yang kami bagi menjadi run suka suka dan medium. Untuk yang run suka suka bisa menyusuri sekitar vila Suka Harum, sedang yang memilih medium run masuk melalui rute yang telah disurvey (hare) dua hari sebelumnya.

Cukup banyak yang ikut ambil bagian medium run, bahkan ada beberapa partisipan baru yang ikut. Bandarlampung diguyur hujan semalaman, sehingga rute yang kami lewati sungguh-sungguh basah, licin, mesti berhati-hati. Jalan setapak masuk dalam kawasan kebun yang benar-benar becek dan licin, memilih pijakan yang tepat mesti dilakukan agar tidak terpeleset atau terjatuh.

Langit diselimuti awan sehingga sinar matahari tidak menembusnya, dan tidak ada angin yang berhembus, keringat terus mengguyur membasahi baju dan badan kami.

Untuk rute medium maupun rute long biasanya hasher akan terpisah karena kemampuan atau kekuatan fisik masing-masing. Seperti halnya kali ini, untuk hasher yang fisiknya bagus akan berjalan didepan, yang tidak terlalu kuat akan berada di kelompok dibelakang dan kami pun terbagi menjadi 2. On…On, adalah panggilan kepada hasher yang berada didepan atau dibelakang untuk memastikan masih ada hasher yang berada di rute yang kita lewati.

Partisipan baru yang sebelumnya belum pernah mengikuti olah raga luar ruang seperti kami, mesti menyesuaikan diri, kecepatan maupun frekuensi istirahat sesuai dengan kemampuannya, tidak perlu dipaksakan. Demikian terjadi, salah satu partisipan muda yang mengikuti hasher yang sudah terbiasa, akhirnya kelelahan, dan hampir pingsan. Namun berkat perhatian dan Kerjasama dalam menangani akhirnya perjalanan bisa dilanjutkan. Menjadi tanggung jawab bersama terutama tim sweeper berada di urutan belakang untuk memastikan setiap hasher aman, selamat dan tidak tersesat. Tidak perlu dikuatirkan bila kita mengikuti aturan, olah raga ini aman dan menyenangkan.

Tanjakan ternyata cukup membuat sebagian kelelahan sehingga perlu untuk lebih sering berhenti istirahat mengatur nafas. Dukungan, semangat dari hasher lain membuat perjalanan ini sejenak melupakan kelelahan, apalagi guyonan, candaan, cerita cerita dan tentunya foto-foto menambah energi positif yang bisa menjadi tambahan kekuatan.

Sampai dipertemuan jalan menuju ke Lampung Astronomical Observatory (LAO) atau dikenal dengan Teropong Bintang, kami menyusuri jalan berbatu kerikil, disini juga mesti berhati-hati, batuan lepas membuat kami terpeleset bahkan terjatuh.  Akses jalan dan jembatan melalui wilayah Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rachman (WAR) sebenarnya sudah dibuat, namun tidak dilanjutkan pembangunannya oleh otoritas setelahnya. Akses jalan sudah ditutupi oleh tumbuhan semak, hanya tersisa jalan setapak yang menjadi akses para pejalan kaki ke kebun maupun pemotor yang melewatinya.

Kembali kami masuk kearea perkebunan rakyat yang didominasi tanaman kopi dan juga bisa ditemukan pohon durian, kemiri, pete, melinjo, dan lain sebagainya. Udara bersih menjadi bagian yang baik yang bisa kami dapatkan disini.

Sampai akhirnya kami finish di vila Suka Harum, teman-teman hasher yang sudah tiba melanjutkan dengan makan siang yang telah disediakan sambil menikmati karaoke dan line dance. Tentunya bir yang kali disediakan cukup banyak, tinggal mau minum atau tidak, minum sedkit atau banyak, silahkan.

Yang juga menarik adalah, door prize yang diundi bermacam-macam, alat rumah tangga, alat elektronik dan 3 door prize tabungan di BPR senilai @ 1.000.000,.

Happy Anniversary Lampung Hash House Harriers.

Semakin Kompak.

FUN, FITTNESS, FRIENSDHIP



 

No comments: