Friday, October 05, 2012

Gunung Betung Lampung

Air  Terjun Kramat , ketinggian 30 meter
Setelah sekian tahun tidak mendaki gunung, karena kesibukan rutinitas pekerjaan, akhirnya Sabtu - Minggu 25-26 Agustus 2012 bersama keluarga dan beberapa teman menginjakan kaki di gunung Betung. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa naik kendaraan umum dari terminal Rajabasa ke arah Pringsewu turun di pasar Wiyono, dari sini dilanjutkan jalan kaki sekitar 5 km menuju base camp, atau kalau kita menggunakan kendaraan sendiri roda 4 bisa sampai di pos I dan dilanjutkan dengan jalan kaki diantara kebun cacao, Tetapi bila menggunakan kendaraan roda 2 (sebaiknya trail) maka bisa sampai di rumah terkahir (rumah mbah Mul) dan dilanjutkan jalan kaki ke base camp 1 (sekitar 5 menit) atau base camp 2, air terjun atas sekitar 30 menit. Tetapi ini bisa dilakukan bila musim kemarau, kalau musim hujan sebaiknya kendaraan dititpkan dirumah penduduk atau di pos kehutanan.
Untuk menikmati indahnya air terjun Kramat (yang juga disebut air terjun bawah), kita bisa berjalan kaki sekitar 30 menit dibelakang rumah mbah Mul, harap hati-hati karena jalannya turun, curam dan harus berpegangan ke akar-akar pohon, tetapi setelah kita sampai di air terjun kita akan terpesona  keindahanya. Perjalanannya yang melelahkan akan hilang begitu merasakan dinginnya air terjun.

Memasak untuk supply energi persiapan ke puncak








Malam hari akan terasa dingin, maka sebelum melakukan pendakian harap membawa peralatan yang memadai, seperti jaket tebal, sarung tangan, penutup kepala, kaos kaki, dan tenda tentunya. Tetapi bila kita ingin menghangatkan diri dengan api unggun harap diperhatikan keamanan lingkungan dari kemungkinan kebakaran, perhatikan norma-norma keselamatan.
Menuju puncak dibutuhkan stamina dan persiapan yang memadai, oleh karena itu bawalah perlengkapan seperlunya seperti air minum, makanan kecil, dan makan sebelum mendaki. Jangan meninggalkan barang dibasecamp tanpa ada yang menunggu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari basecamp, puncak bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 - 2 jam, dan turunnya sekitar 1 jam. Harap diperhatikan bila mendaki pada saat musim hujan, track cukup sulit dan licin.
Puncak Gunung Betung 1523 M dpl
Ada banyak yang bisa dinikmati dalam perjalanan ke Gunung Betung, kebun cacao, kebun kopi, track downhill, Air terjun bawah, air terjun atas (hanya bisa dilihat dari atas, tetapi tidak disarankan untuk didekati karena sangat berbahaya, licin dan sudah ada beberapa korban yang jatuh dari ketinggiannya), pohon purba yang tingginya sekitar 50 meter atau lebih yang cukup besar dan tua, burung-burung, burung rangkong, tupai yang kadang-kadang melintas, juga terdengar suara siamang dari kejauhan.

1 comment:

Unknown said...

bagus