Wednesday, February 21, 2018

PANTAI SUAK, KARUNIA ALAM TAK PERNAH HABIS



Pantai Suak berada di Desa Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Kalau dari Bandarlampung bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 – 1,5 Jam. Sebelum pertigaan Sidomulyo, sebelah kanan ada pertigaan ke pantai Suak, jalan beberapa ratus meter masih ada yang berlubang, selebihnya sudah lumayan bagus.
Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena kurang dikenal. Tidak banyak wisatawan ketika kami menginjungi pantai Suak, hanya ada beberapa Orang Muda Katolik (OMK) yang sedang mengadakan acara outbound, dan beberapa penduduk lokal. Serta beberapa orang yang sedang mencari rumput laut. Karena kami sampai di pantai Suak sekitar jam 14.00 wib, laut sudah surut, dari bibir pantai sekitar 100 meter, baru ombak laut terasa, itupun langsung masuk ke laut dalam (berbahaya untuk bermain ombak).
Tidak banyak kegiatan yang bisa kami lakukan, kecuali hanya memandang laut lepas dengan beberapa perahu yang berlayar dan orang sekitar yang sedang mencari rumput laut. Rumput laut sangat banyak menempel di batu batu karang, mereka tinggal mencabutnya, memasukan kedalam karung. Bersiap untuk basah dan diterjang ombak, mereka mecabuti rumput laut yang berwarna kekuningan, harga jual sekitar Rp 1500 per kilogram kering, mereka bisa mengumpulkan sekitar 50 kg perhari (hanya bisa dilakukan ketika air laut surut). Ada pengepul yang siap membeli hasil panen mereka untuk dibawa ke pebrik di Jakarta, untuk diolah sebagai bahan makanan (agar-agar) makanan yang banyak mengandung serat.
Rumput laut jenis Sargassum sp ini merupakan rumput laut yang tergolong dalam  divisi Phaeophyceae (rumput laut coklat). Spesies ini dapat tumbuh sampai panjang 12 meter. Tubuhnya berwarna cokelat kuning kehijauan.
Ciri umumnya memiliki bentuk thallus silindris atau gepeng, pipih, licin, batang utama bulat agak kasar dan holdfast (bagian yang digunakan untuk melekat) berbentuk cakram. Cabangnya  rimbun  menyerupai pohon di  darat. Bentuk daun melebar, lonjong atau seperti pedang. Mempunyai gelembung udara (bladder) yang umumnya soliter. Warna thallus umumnya coklat
Rumput laut memiliki kandungan esensial yang sangat lengkap, yaitu air, protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, abu, enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A,B,C,D, E dan K), makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium, selenium serta mikro mineral semacam zat besi, magnesium dan natrium.
Rumput laut memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai pencegah kanker, sumber Yodium, Menurunkan berat badan, Kesehatan pencernaan, Kesehatan gigi dan mulut, Kesehatan jantung dan pembuluh darah, kesehatan kulit, Perawatan rambut



No comments: