Wednesday, February 21, 2018

STUDY TOUR, LAMPUNG, BALI, MALANG, JOGJAKARTA

Melakukan perjalanan kesuatu tempat bagiku sangat menyenangkan (apalagi tempat yang baru, yang belum pernah dikunjungi sebelumnya). Hal ini ternyata sangat menurun terhadap anak-anakku, Bernard anak ke dua ku, sangat menikmati sekali bila diajak jalan jalan. Namun kali ini dia melakukan perjalanan dengan rombongan sekolah. Sekolah rutin mengadakan study tour setiap 3 tahun sekali, dan kali kebetulan Bernard sudah kelas 8. Persiapan sudah dilakukan selama setahun ini, dari membayar iuran maupun menabung.
Berangkat hari Jumat 2 February  dan kembali pulang hari Sabtu 10 February 2018. Perjalanan dimulai dari terminal (pool) bus Puspa Jaya, yang kebetulan juga tidak terlalu jauh dari rumah. Pool yang biasanya sepi pada jam jam segini, sekarang penuh dengan riuh anak-anak yang mau pergi dan orang tua yang mengantarkan. Ada yang kuatir bagaimana anaknya nanti dalam perjalanan, tapi banyak juga orang tua yang sudah percaya bahwa anak mereka akan baik-baik saja (maklum mungkin baru kali berpisah jauh dan lama dengan anak kesayangannya). 
Dimulai dengan berdoa bersama, perjalanan diberangkatkan sekitar jam 07.10 wib dengan membagi peserta tour menjadi 4 bus. Bagi kami menyenangkan mempercayakan anak anak pada pihak sekolah, agar menjadi pembelajaran untuk mandiri. Melakukan perjalanan sendiri tanpa orang tua bagi Bernard akan membatu menumbuhkan kepercayaan diri, managemen diri. Melakukan perjalanan beberapa hari memang sudah biasa bagi Bernard, tapi kali ini pengalaman bepergian dengan teman-temannya merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang hidupnya.
Memang beberapa tempat yang dituju sudah pernah dikunjungi, tetapi menjadi berbeda bila dikunjungi dengan rombongan sekolah / teman. 

No comments: